11 Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Travelling.

November 01, 2017



Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang tempat wisata menarik khususnya yang berada di Bali. Tentunya saat akan pergi melakukan ke tempat wisata kita harus mempersiapkan diri agar perjalanan menjadi lebih menyenangkan dan aman. Maka dari itu sekarang, yang perlu kita bahas lebih lanjut adalah apa yang perlu dibawa ketika kamu sudah siap liburan.Kali ini kita akan membahas tentang 11 barang penting atau perlengkapan yang harus dibawa saat liburan atau travelling.

1.Uang dan Surat-surat penting


via google.com

Berlibur ke negara manapun pasti membutuhkan yang uang tapi yang lebih penting lagi harus selalu ingat untuk membawa dokumen penting seperti passport dan tanda pengenal. Selain itu jangan lupa untuk menukarkan uang khususnya buat yang ingin berlibur ke luar negeri.


Uang yang dibawa juga jangan terlalu banyak karena ini hanya untuk jaga-jaga jika kamu pergi ke restoran tradisional yang berada di daerah pinggiran karena jika kamu hanya membawa kartu kredit kamu tidak akan bisa bayar.


Maka dari itu ,jangan terlalu mengandalkan kartu kredit karena nggak semua tempat menerima pembayaran dengan kartu kredit. Lebih baik mencegah dari pada mengobati kan?


2. Tas travel untuk semua perlengkapan


via foter.com


Memang semua orang yang berlibur sudah pasti akan membawa koper atau tas untuk menyimpan baju dan perlengkapan lainnya. Tapi, pastikan kamu memilih jenis tas atau koper yang sesuai dengan acara dan tujuan kamu berlibur.


Kalau liburan kamu hanya berdurasi beberapa hari dan berada di satu tempat, lebih baik kamu menggunakan backpack karena akan terasa lebih ringan dan simple. Jika kamu akan membawa banyak peralatanseperti kamera kamu bisa menggunakan tas duffle agar kamera lebih aman. Tapi kalau kamu ingin liburan dengan durasi waktu yang lama atau akan mengunjungi banyak tempat lebih baik kamu membawa koper.Dan ingat untuk membawa koper yang beroda agar mudah di bawa.
Apapun tasnya, ada baiknya kamu memilih tas dengan warna terang supaya tas gampang untuk dikenali di pengambilan bagasi.


3. Kamera untuk menangkap momen saat travelling
via foter.com

Kamera nggak hanya dibutuhkan oleh seorang fotografer saja, Apalagi di di zaman sekarang hampir semua orang memiliki sosial media untuk membagikan kegiatannya salah satunya adalah saat travelling.Kamera disini tidak harus kamera mahal dengan lensa puluhan juta.


Jika kamu tidak punya atau merasa ribet untuk membawa kamera SLR ,kamu cukup untuk membawa action camera seperti gopro ditambah kamera HP yang sekarang rata –rata kualitasnya sudah mendekati kamera SLR . Karena dengan HP saja kamu bisa foto dan langsung membagikan momen liburanmu di sosial media.


Kabarnya, dengan kamera yang siap foto, kamu akan menjadi lebih teliti dan melihat sekitar kamu dengan pandangan yang berbeda. Kamu akan terbiasa menemukan titik keindahan dari segala sesuatunya karena kamu memikirkan bagaimana caranya untuk mendapatkan foto indah yang bisa kamu abadikan.


4. Perlengkapan mandi
via dagelan.co


Alat-alat mandi seperti sabun anti-kuman, sikat gigi, sabun pencuci muka, hand gel, atau sisir sudah pasti harus menjadi prioritas kamu ketika kamu sedang packing. Ini dibawa untuk jaga –jaga jika misalnya kamu tidak cocok dengan alat mandi milik hotel atau tempat mu travelling.


Yang ruginya, kalau kamu terkena penyakit ketika berlibur, kamu terpaksa harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli obat. Hal itu masih lebih baik ketimbang kalau kamu harus dirawat di tempat asing karena kamu tidak cocok dengan alat mandi disana


5. Kacamata hitam
via pinterest.com

Nah, ini dia perlengkapan yang dianggak sepele mungkin tidak penting bagi sebaian orang tapi perlu kamu bawa kemana saja tanpa membedakan apapun cuacanya. Memang kacamata hitam mampu melindungi kamu dari silaunya sinar matahari, tapi apakah kamu tahu kalau salju pun memantulkan 80% dari cahaya ultraviolet yang bisa merusak matamu?


Bagi kamu yang ingin berlibur ke tempat bersalju seperti di Eropa, pastikan kamu juga membawa kacamata hitam. Kaca mata hitam juga dapat melindungi mata kamu dari debu saat travelling .


6. Converter Plug

via foter.com

Hal kecil yang sering lupa dibawa oleh para traveler. Barang ini sangatlah penting dan wajib kita bawa jika kita pergi ke luar negeri. Pasalnya beberapa negara menggunakan jenis power outlet yang berbeda dengan di Indonesia. Hal ini akan menjadi sangat menyebalkan jika kita tidak bisa mengisi baterai smartphone lantaran colokannya berbeda.


7. Sandal atau sepatu
via foter.com

Kemana pun liburannya, pastikan kamu nggak lupa untuk membawa sandal atau sepatu nyaman cadangan. Tapi jika kamu pergi ke negara yang memiliki cuaca dingin atau sedang turun salju lebih baik kamu membawa sepatu lebih agar dapat menghangatkan kaki.
Nah, jika kamu pergi daerah tropis daripada membuang uang seperti ini lebih baik kamu bawa sandal cadangan dari awal. Apalagi kalau tempat yang kamu kunjungi melibatkan banyak pasir, bebatuan, atau hutan lindung. Karena lebih nyaman rasanya memakai sandal saat liburan disana.


8. Alat elektronika Seperlunya
via foter.com
Alat-alat seperti smartphone,headset, power bank saja tampaknya cukup untuk kamu yang menyukai travelling yang santai dan pastinya sebagai sara untuk mengindari bosan dalam perjalan menuju tempat liburanmu. Tapi buat kamu yang ingin travelling sambil berbisnis dan mengharuskan mmembawa laptop dan berbagai macam yang lainnya sebaiknya ditaruh ditempat yang aman agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.


9. Obat –obatan

Perlengkapan darurat mungkin bisa digunakan untuk mengobati penyakit akibat kurangnya kebersihan (baca perlengkapan no.4), tapi sebenarnya perlengkapan darurat lebih ditujukan kepada P3K.
P3K harus selalu kamu bawa karena kamu nggak tahu kapan kecelakaan akan terjadi, dan ketika ada kecelakaan terjadi, kamu nggak perlu terlalu panik karena kamu sudah dilengkapi dengan obat-obatan.
Kamu juga bisa dengan gampang mengatasi luka kaki akibat sepatu dengan plester yang sudah kamu siapkan. Nggak ada salahnya kalau terlalu berhati-hati.


10. Lotion
via flicker.com

Lotion wajib kamu bawa supaya kesehatan kulitmu juga terjaga selama masa liburan. Produk yang paling dibutuhkan jika kamu berlibur ke tempat yang lumayan panas adalah sunblock. Nggak hanya kamu melindungi kulit kamu dari kanker kulit, tapi kamu juga mencegah sunburn pada kulit kamu.
Kalau untuk tempat yang dingin pada akhir tahun, kamu perlu membawa moisturizer, karena cuaca yang terlalu dingin bisa membuat kulit kamu kering. Bayangkan ketika kamu menghabiskan lebih dari 2 minggu di negara bersalju tanpa moisturizer. Pulang-pulang kulit kamu mungkin sudah seperti sisik ikan ya.


11. Pakaian Seperlunya
via foter.com

Untuk hal ini kita bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Pertama kita harus tahu kemana kita akan pergi? Jika kita hendak pergi ke gunung, alangkah baiknya bawalah pakaian tebal yang dapat menghalau hawa dingin. Seperti kaos kaki, jaket, kaos tangan topi yang menutupi telinga. Jika datang ke pantai bawalah baju yang dapat menyerap keringat lebih cepat seperti t-shirt.

Sekian dulu artikel kali ini tentang Barang yang wajib dibawa pada saat travelling. Tapi ingat untuk tidak membawa barang berlebih yang kesannya tidak penting dan tidak ada hubungannya dengan tempat travelling anda ,semoga bermanfaat :)

You Might Also Like

4 komentar