MENDAKI? PERHATIKAN HAL-HAL BERIKUT INI

November 14, 2017


Mendaki Gunung? Mungkin salah satu kegiatan yang dianggap berbahaya namun jika dijalanani dan dipersiapkan dengan baik dan benar bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan seumur hidup kalian. Selain itu mendaki juga bisa membuka mata kita tentang jika ingin meraih sesuatu yang indah haruslah dicapai dengan usaha yang keras juga.Seperti mendaki Gunung kita harus melewati berbagai rintangan agar dapat mencapai puncak untuk menemukan keindahannya disana. Maka dari itu kali ini Jackpacker.id akan membahas tentang Hal-Hal yang perlu di perhatikan untuk Mendaki Gunung khususnya untuk pemula atau yang masih ragu untuk melakukan kegiatan ini.

1. Olahraga rutin minimal sebulan sebelum mendaki.





Kegiatan Olahraga yang dimaksud adalah melatih otot kaki bisa dilakukan dengan lari di pagi hari atau sore hari, diusahakan rutin dilakukan seminggu sebelum mendaki . kegiatan ini bertujuan untuk melatih otot kaki agar tidak kaget dalam mendaki gunung mengingat trek yang harus dilalui tidak lah mudah. Tapi jangan khawatir apabila kamu bisa rutin dalam melakukan kegiatan ini, trek yang sesulit apapun mampu kamu lewati dengan mudah. Selain lari pagi ada juga hal yang harus kamu latih yaitu kesimbangan.

2. Cari Informasi tentang gunung yang akan didaki.



Informasi tentang gunung yang akan didaki sangat lah penting agar tidak terkejut dengan kondisi di Gunung itu. Mulai dari akses , Jalur pendakian ,serta hal yag lainnya yang menyangkut gunung haruslah diketahui sebelum melakukan kegiatan mendaki. Dengan mengetahui itu kita bisa memperkirakan apa saja yang harus di bawa pada saat perjalanan.

3. Jaga Kesehatan



Kesehatan adalah sebenarnya hal yang paling utama saat melakukan kegiatan pendakian. Bayangkan jika saat melakukan pendakian tiba-tiba kamu sakit pasti sangat tidak enak rasanya karena tidak bisa melanjutkan perjalanan ke puncak serta pastinya akan menyusahkan teman. Karena itu selalu siapkan P3K untuk jaga –jaga jika kondisi tiba-tiba kondisi drop.

P3K itu bisa diantaranya seperti obat maag,panas, serta minyak kayu putih untuk menghangatkan badan bagi yang tidak terbiasa oleh cuaca dingin saat berada di gunung. Jangan lupa jangan tidur dengan baju basah karena dapat menyebabkan hippotermia.

4. Pakaian yang harus digunakan


Pakaian yang tepat akan memudahkan anda pada saat kegiatan pendakian tersebut. Berdasarkan pengalaman saya setidaknya anda harus memakai 2 baju dan jacket agar merasa hangat serta celana juga minimal 2 celana agar terus bisa melakukan perjalanan dan kaki tidak kedinginan.

Tapi ini tergantung gunung yang akan didaki semakin tinggi gunungnya dan tidak memungkinkan didaki dalam waktu hanya satu malam usahakan membawa pakaian hangat lebih banyak tapi ingat jangan sampai terlalu memberatkan tas yang kamu bawa. Karena ini belum termasuk konsumsi yang akan kamu bawa.

Setelah dari atas hingga bawah yang terakhir adalah sepatu . Sepatu adalah hal sangat vital karena kegiatan mendaki adalah berjalan keatas. Maka dari itu usahakan memakai sepatu hiking pastinya agar lebih mudah dalam perjalanan. Namun jika tidak punya dapat memakai sepatu olahraga yang tidak licin di bawahnya.

5. Konsumsi Yang Harus Dibawa


Konsumsi merupakan salah satu hal yang penting dalam proses mendaki gunung. Dulu saya pernahhampir  gagal sampai puncak gara-gara kehabisan air. Saran Makanan dan Minuman yang wajib kalian bawa yaitu cukup bawa beberapa roti atau mie instan dan air(ini untuk pendakian yang bisa dilakukan dalam waktu beberapa jam) dengan membawa itu saja mungkin langkahmu akan menjadi lebih ringan.

Namun jika saat pendakian ini kamu sambil melakukan camping harusnya kamu membawa makanan pokok mentah dan air lebih banyak lagi supaya bisa bertahan sampai melakukan perjalanan turun khusus air ini adalah bekal yang paling cepat habis tapi kadang tidak ada yang menyadari.

6. Alat-alat yang perlu dibawa


Yang pertama yang paling penting adalah tas atau ransel untuk membawa bekal ,pakaian dan alat lainnya. Tas ransel juga menyesuaikan pada gunung yang akan didaki jika lebih banyak memakan waktu perjalananan semakin besar juga ranselnya karena banyak membawa bekal dan pakaian.
Selanjutnya Tenda yang akan dibawa pastinya harus bisa menampung kalian tetapi tidak memberatkan kamu untuk kamu bawa. Yang terakhir alat alat penting lainnya kompor untuk memasak,senter penerangan serta alat photographi untuk mengabadikan momen-momen indah mu di perjalanan.

7. Cara berjalan ketika mendaki

Ketika mendaki gunung juga tidak asal-asalan dalam berjalan, pastinya kamu tidak mau kan hal yang buruk terjadi pada kamu. Ya saya akan berbagi tips untuk berjalan di sulitnya trek gunung. Yaitu dengan kaki selalu lentur setiap kali menapakan kaki di tanah dan tetap focus pada pijakan. Apabila kaki kamu kaku maka kemungkinan cidera bisa terjadi dan itu akan menghambat kamu dalam proses mendaki.

6. Jangan malu untuk meminta berhenti jika capek

Sebagai pendaki pemula pastinya kemampuan dalam mendaki tidak seperti merekan yang sudah terbiasa, maka kamu tidak perlu malu berkata capek dan minta untuk berhenti sejenak. Daripada di paksakan malah tidak baik. Karena banyak pendaki yang gagal mencapi puncak hanya karena malu untuk berkata lelah.

7. Jangan mengeluh



Mengeluh dalam perjalanan mendaki merupakan hal yang tidak baik untuk di lakukan. Dengan mengeluh akan mempengaruhi pikiran dalam diri kita dan bisa berimbas pada tubuh. Dalam proses pendakian sebaiknya jangan mengeluh walaupun dalam keadaan seperti apapun, alangkah baiknya menyemangati diri sendiri dan selalu ceria agar perjalan mendaki gunung mu tidak terasa semakain berat dan yang pasti mengasyikan.

Bisa dilakukan juga dengan mengobrol dengan teman selama perjalanan mendaki sambil menikmati indahnya pemandangan alam sehingga itu bisa mengurangi kelelahan di tubuh.

8. Jangan membuang sampah di gunung

Tentu kita tidak ingin kan indahnya lembah gunung yang di berikan tuhan kepada kita di kotori dengan sampah, maka jangan membuang sampah digunung. Alangkah baiknya jika sampah yang kita hasilkan di bawa turun.

Maka dari itu ingat selalu membawa tempat sampah dan kalau bisa memungut sampah yang ada 
selama perjalanan. Karena kalau bukan kita yang jaga siapa lagi.

9. Usahakan mendaki bersama teman atau menggunakan guide


Sebelum mendaki kita tentunya harus mendaftar dulu ke petugas gunung setempat, nah setelah kita melakukan proses pendaftaran tersebut pastinya petugas gunung akan memberikan intruksi dan larangan ketika kita dalam perjalan mendaki gunung. Maka patuhilah instruksi dan larangan yang merekan sampikan. Setelah itu akan diberi pilihan apakah ingin mendaki dengan guide atau tidak.

Saran saya ajak teman kamu yang sudah pernah mendaki yang bisa kamu jadikan guide dan pastinya hitung-hitung untuk menghemat biaya karena lumayan biayanya jika menyewa guide.Mungkin itu tips mendaki gunung bagi pemula yang bisa saya sampaikan. Selamat mendaki dan jangan lupa berdoa agar selamat sampai tujuan.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat dan membawa berkah untuk kita semua.

credit images via unsplash.com

You Might Also Like

0 komentar